Friday, July 26, 2013

Kiat Membersihkan Perhiasan Perak


Kiat Membersihkan Perhiasan Perak
Foto: Hs Silver

Jika perhiasan perak terkena noda, berikut ini cara menghilangkannya.

- Jika ingin menghilangkan noda di perak dengan kain pembersih, kita dapat menggosok dengan gerakan dari belakang ke depan atau atas ke bawah (tidak melingkar).

- Jika menggunakan cairan pembersih (cleanser) khusus perak, rendam perak di dalam cairan, dan basuh sebentar. Kemudian keringkan dengan kain. Sekedar info, cleanser tersebut tidak membahayakan perhiasan emas dan platinum, tetapi tidak akan membersihkan keduanya dengan baik.

- Khusus perhiasan perak dengan ukiran atau desain yang rumit, kita dapat menggunakan pasta perak atau polish untuk membersihkannya. Ambil sedikit pasta dengan kain atau sikat berbulu lembut, gosok perlahan, dari atas ke bawah, lalu bilas dan keringkan.

Sedangkan penyimpanannya, kita dapat meletakkan perhiasan di kotak atau kantong perhiasan berbahan velvel atau suede. Sebaiknya penyimpanan dalam kantong dipisahkan antara satu perhiasan dengan lainnya, terlebih jika berbeda jenis.

Kita juga bisa menyimpan kotak atau kantong perhiasan di dalam safe deposit box atau filing kabinet berbahan fireproof metal. Simpan di tempat kering dan tertutup.

(Agustina Rasyida)